Saturday, March 15, 2014

Untuk Perempuan yang mewakili Kaumnya

Kepada Perempuan yang memahami tugasnya.
Kepada Perempuan yang memandang jalan dihadapannya dan tahu bahwa perjalanannya akan sulit.
Kepada Perempuan yang tidak berusaha memandang enteng kesulitan-kesulitan itu, namun justru bersuara lantang menentangnya dan membuatnya tampak jelas.
Kepada Perempuan yang mengulurkan tangan kepada yang terkucilkan, memberi makan kepada yang lapar dan haus akan keadilan, dan membuat sang penindas merasa sengsara seperti tertindas.
Kepada Perempuan yang pintunya selalu terbuka, kedua tangannya tak henti berkarya, kedua kakinya selalu melangkah.
Kepada Perempuan yang hadir disini, semoga setiap dari kita menjadi dirinya sendiri.

Semoga dia masih menghadapi banyak hari-hari sulit didepannya, hingga lengkaplah karyanya,
Semoga lambatlah perjalanannya,
sebab langkahnya, adalah langkah perubahan
Dan perubahan - yang - sebenar-benarnya - perubahan - selalu memakan waktu sangat lama.

-Paulo Coelho-

Selamat berjuang Perempuan Indonesia.

Kesempatan untuk Sebuah Perpisahan

Ketika usai  praktek di desa wonosobo, saya sempat dijegat oleh salah seorang ibu. Dia menyuruh saya membuka koper. Karena selama di desa tersebut, beliau memang pernah bilang “ mba intan, saya suka liat baju-baju mba intan..”
Disitu antara ga tega ngasih bekas sama ga rela ngasih baju-baju yang saya sukai.
Tapi disitu saya bilang “ jangan yaa buu, ini bekas...nanti akan saya kirimkan dari jakarta, saya kirimkan baju yang baru buat ibu...” ; “gpp mba, ini aja...”  ; “ jangan yaa buu...nanti saya kirimkan yang baru buat ibu...”
Begitulah saya ketika itu.

Di Jakarta....tanpa sengaja saya sempat membaca sebuah buku, Bahwa Rasullulah saw justru memberikan ke orang, adalah barang atau apapun yang beliau sukai. Terdiam.

Saya tepati janji saya, saya belikan yang baru dan beliau bahagia sekali... “mba sudah sampai paketnya, saya suka sekali, cocok buat nanti saya lebaran...”. begitulah kurang lebih pesan yang sampai ke handphone saya.

Tapi, saya masih berpikir, mungkin saya belum mengikuti jejak Rasulullah ketika itu. Dengan ikhlas memberikan barang yang di-sukai.  Mama bilang “beliau sebenarnya tidak mempermasalahkan bekas, tapi ingin kenang-kenangan dari kamu...”.  Saya belajar...

Seperti sebuah teori Bumi itu bulat, Layaknya orang yang  bertemu, saling berpunggungan...suatu waktu pasti akan bertatap muka kembali. Begitulah hidup. Seperti Anak kecil, dewasa, menua, dan kembali seperti anak kecil lagi.
Allah me-ngetest saya sekali lagi. Saya dihadapkan pada peristiwa serupa.

Ini bukanlah sekedar saya sukai lagi, tapi ini sudah menjadi bagian hidup saya.
Memiliki tempat di jiwa, teman suka duka, panas hujan, tangis tawa.
Bersamanya ku mulai setiap kayuh demi kayuh dengan doa dan harapan..memulai hari.
1,5 tahun saya bersamanya melewati hari, mengiringi perjuangan atas nama cinta.
20menitan kekampus, 10 menit kepasar, 30 menit kepasar minggu....begitulah aku bersamanya
Ter-engah-engah tapi bahagiaaaaa, hidupku di Malang berwarna! X)


Pas Lulus, pikirannya Cuma satu. sepeda ini ga boleh dijual, harus dibawa ke Jakarta. Karena kenangannya udah banyak banget....harga ga bisa ngebayar kenangan yang terjadi.

Daaaan Memang Manusia Hanya Bisa Berencana...

Tukang yang suka nolong-nolong dikosan, minta sepeda untuk anaknya yang masih TK.
Surprisingly! Allah kasih kesempatan.. Apakah kamu bisa rela melepaskan yang disayang? :’)
Bismillah aku sms tukang tsb “Mas pur, sepeda di garasi buat anaknya yaa, semoga bermanfaat..saya pamit ke jakarta yaa mas pur, terimakasih banyak”

Dengan ini saya patahkan pernyataan tentang “kesempatan tidak datang dua kali......” :D
Karena nyatanya, Allah Maha Tau...Kapan “Kesempatan tepat” di datangkan kembali.
Allah....Maha Tau.
Apalah arti perpisahan, jika engkau tau...dia telah berlabuh ke orang yang tepat.



Untuk anaknya mas pur, selamat melanjutkan perjuangan-ku dek! 


-Salam, IntanPermata-

Friday, December 20, 2013

Tulisan Pengantar Tidur

Segala sesuatu tidak perlu dipaksakan
Semakin dewasa seseorang, mereka pasti tau apa yang harus mereka pilih
untuk jalannya, untuk hatinya dan untuk hidupnya...

Kamu tidak perlu mencari
Karena dalam hidup, segalanya tinggal kau jemput
Dengan berbagai rintangan, hambatan, dan resiko dalam menjemputnya
Bukan masalah bisa atau tidak bisa, tetapi ingin atau tidak ingin
Karena Hati tidak pernah memaksamu untuk menjemputnya

Aku yakin, setiap jiwa telah disiapkan untuk menghadapi bahagia dan rasa sakit
Tidak perlu melawan sebuah rasa, karena perasaan harus dirasakan
Seperti kapal yang terus mencoba berlayar, karena ingin menjemput pelabuhannya, tempat bersandarnya
Semakin kau jalani, maka akan semakin berlalu, dan sampai ketujuan

Merasakan dan menjalani, kedua-duanya berkesinambungan membutuhkan sebuah keberanian
Karena cinta adalah keberanian untuk membuka pintu hati.


*yayaya...tulisan pengantar tidur... tidur sambil mikir hahaha

Rezeki

dulu saya berpikir bahwa rezeki adalah materi
namun seiring berjalannya waktu....
rezeki itu yaaa segala nikmatNya.

pernah saya mendengar bahwa kematian bukanlah karena musibah, penyakit dan sebagainya
namun karena "rezeki" kita telah terhenti.
rezeki apa? rezeki untuk mendapat kesempatan mengumpulkan pahala lagi.

mulai merubah mindset dikit demi sedikit. 
apapun yang terjadi pada hidup kita itu yaa atas rencanaNya..
RencanaNya yang pasti ga pernah salah, sejengkalpun.
dan bagian dari proses yang kita jalani itu, pun rezeki..

ketika dihadapkan pada kesulitan pun bisa dapet rezeki...rezeki apa? rezeki bisa ngerasain betapa nikmatnya doa' dengan khusyu yang bikin ketagihan,,nikmat ketenangan hati. yang Insya Allah senang susah tetap ingat Allah.
hasil? urusan Diatas.

suka berkaca-kaca sendiri, kalo dapet jawaban setelah kesulitan..
"sesudah kesulitan pasti ada kemudahan" itu beneran nyata.

Doa' ini yang dibaca abis dzikir solat :
Yaa Fattah, Yaa Razaq, Ya Muhawwil ahwal
Yaa Allah yang Maha Pembuka dan Maha pengasih, mohon bukakan dan lapangkanlah (sebutin apa, terserah apa aja...bisa jodoh, rezeki, apapun...)

terus lanjut baca :
- Hawwil ila ahsanil haal : Yaa Allah ubahlah keadaan menjadi lebih baik lagi
- Hasbunallah wani'mal wakil, ni'mal maula wani'mannasir : Yaa Allah cukuplah engkau yang menjadi penolong dan pelindungku
- Laa hawla wa la quwwata illah billahil aliyil adzim : Yaa Allah hanya engkau yang bisa
bacanya bisa bertambah dari biasanya 1x doang abis dzikir, jadi 3x, hitungan ganjil...ditingkatin..

gw orangnya pikunan...tapi dirutinin aja, alhamdulillah Allah memberi rezeki gw bisa apal doa itu hehehe, dan itu salah satu senjata andalan gw..susah seneng x)  (dapet ilmu dari yusuf mansyur)

nobodys perfect. makannya doa itu fentiiinngggg, the power of doa :)))
untuk semua harapan dan cita yang tertuang dalam doa, percayalah Tuhan Maha Mendengar


*sama-sama belajar, mohon koreksian kalo salah yaa.. ;)

Sunday, October 28, 2012

Believe!

Sebenarnya saya besok UAS, tapi gpp yaa sedikit meluangkan waktu untuk hobby menulis saya..
Materi uas sudah dirangkum, dan tinggal dibaca ulang lagi aja :D
Enjoy the moments hehehehee

Kalau lagi ujian, saya biasanya wajib tidur siang..alibinya sih karena rasa sayang sama tubuh sendiri :p
Nah, pas bangun tidur sekitar jam setengah 4 sore..hp berdering..
Yesss, My mom called me..dan isinya curhatan, tapi ini bukan sembarang curhat
bukan mama, kalo ngobrol ga ada isinya atau ga ada hikmah yang bisa diambil :')

Beliau mengabarkan kalau kakak pertama saya Mas Ikhwan baru saja kecelakaan..
Pada saat idul adha, seperti biasa semua sibuk masing-masing..
Ayah menjadi panitia pemotongan kurban dan Mas Ikhwan melakukan kegiatan menebar hewan kurban.
Mas ikhwan menebar hewan kurban bersama beberapa rekannya, ke daerah sukabumi pelosok.
Pada saat perjalanan menebar hewan kurban, mas ikhwan duduk paling depan disebelah supir dan tidak menggunakan sitbelt.

Setelah selesai menebar hewan kurban, mobil pun melipir ke masjid untuk melaksanakan solat subuh, kemudian melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Jakarta.
Pada saat selesai solat subuh, yang biasanya gak mau pakai sitbelt tapi kali ini Mas ikhwan berpikir "ah pake sitbelt, deh..."
Lalu, Mobil pun melaju..dengan kencang, katanya sih masih dijalanan sekitar dekat-dekat perkampungan..
Supir dalam keadaan ngantuk dan ga fit, akhirnya uncontrol..
mobil mau nabrak kekiri, terus supirnya banting stir ke kanan..karena kanan itu jurang, Mas ikhwan teriak "banting kiriiiiiii..!!!!" , dan banting stir lagi kekiri...sampai pada akhirnya mobil meluncur terbalik.
Mas ikhwan ketika itu tidak tidur, sedangkan teman-temannya tertidur pulas.
Saat mobil terbalik, dia melihat bahwa mobil mengeluarkan percikan api.

Saat mobil sudah terbalik, dalam keadaan antara sadar dan tidak
Mas ikhwan melihat hewan-hewan kurban yang tadi, berkumpul mengelilinginyaa..
kemudian, dia membangunkan temannya dibelakang. Nah! ini wooww bangeeet..dalam keadaan mobil terbalik temannya nanya "kenapa?" dia ga sadar klo mobil lagi kecelakaan dan terbalik. *keboosupeeer* -_____-

Warga kampung pun keluar, karena katanya suaranya kaya bom..
dan mereka amaze, karena dalam keadaan mobil yang kaya gitu, penumpangnya ga kenapa-kenapa.

Mas Ikhwan cerita ke mama, kalau dia ngira..dia akan meninggal saat itu... :'''''(

Salah satu temannya patah dibagian pundak, tapi sudah dilarikan ke rumah sakit.
Sesampai dirumah, Mas Ikhwan meminta diurut sama mama sekujur tubuh, karna mama bisa ngurut.
Dan mama pun amaze banget karena ga ada luka beset sedikitpun di badan Mas Ikhwan..
Subhanallah...

Ini dia bukti nyata, sedekah itu balesannya bukan hanya materi saja, tapi keselamatan..
"sedekah menyelamatkanmu.."

Ayah is my role model..
beliau mengajarkan agama dan sedekah kepada anak-anaknya
keluarga saya sederhana, bukan dari keluarga kaya raya, tapi Ayah mengayakan kami dengan caranya sendiri...
beliau pernah bilang "Kalau ngejar dunia terus, ga akan ada habisnya..ga akan ada titik puas di hati, tapi kalo kamu ngejar akhirat..keimanan akan memuaskan dan menenangkan hatimu secara otomatis, nduk"

Dari hal-hal kecil..
Setiap bulan beliau mengkoordinir anak-anaknya untuk menyisihkan sebagian gajinya, kemudian beliau yang menyalurkan kepada yang berhak..termasuk mengkoordinir untuk berkurban..
Kemudian kalau yang pernah kerumah saya baru-baru ini, beliau menyediakan semacam kotak amal di pojok ruang tamu..diisi sama keluarga sendiri, yaaappp "kaya nabung, tapi nabung buat akhirat" nanti kalau udah penuh baru disalurkan. Insya Allah..
Dan ketika ayah menemani saya membeli buku, beliau juga mencari beberapa Al-qur'an
saya sempat bingung, ngapain beli qur'an, karena dirumah banyak..dan beliau menjawab "buat disedekahin.." #Jleeb
So lucky of me to have my parents like it....Yaa Allah terimakasih :'''
wish could be be amazing parent like my mom and dad alsoo :))) *wink* #amiiiin 

Itulah peran kepala rumah tangga,
Jadi kalian yang masih muda, terutama pria calon pemimpin..
Belajarlah Jadi pribadi yang selalu dirindukan kehadirannya baik didunia dan diakhirat
karena kelak, kau akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinanmu..
Pernah dengerin ceramah, katanya manusia itu harus punya 3 sifat "kehadirannya memberi rasa nyaman, kehadirannya memberi manfaat, dan kehadirannya selalu dirindukan"
Semogaa yaa kita bisa seperti itu..amin aminn.

Daaan, jangan lupa sedekah...karena janji Allah itu nyata :)
Gpp berat, gpp awalnya terpaksa..ntar lama-lama juga ikhlas koq kalo udah terbiasa
First step is difficult, but important..yakaaan??
Langkah pertama emang sulit, tapi itu penting........ X) 

eeeh koq ini tulisan ujungnyaaa jadi punya multiple makna gini yaaaaa heheheee
padahal awalnya mau ceritain tentang kesuperan sedekah doang.. tak apaaa lah yaaa, semoga bermanfaat...amin
Mohon doa, untuk kekuatan dan kelancaran saya dalam menghadapi UAS yaaa..terimakasih :)



Malang, 28 Oktober 2012
Selamat Hari sumpah pemuda :)


Thursday, October 18, 2012

Distance means..

Jarak perlahan mendewasakan..
dan cinta itu semakin disadari lalu semakin tumbuh ketika berjarak
berpacu dengan waktu, untuk membuktikan bakti-ku..
orangtua adalah segalanya..
itulah mengapa, mengingat orangtua saat berjarak seperti ini adalah hal yang tak mungkin untukku menahan aliran airmata..

Setiap jam 3 pagi bangun, selalu ada mama dan ayah yang sedang sujud dan berdoa dalam tahajudnya..
aku tau itu suatu bentuk perjuangan untuk mendoakan anak-anaknya.
Ayah yang selalu puasa sunnah senin-kamis.
Mama yang selalu setia setiap pagi dengan membuatkan sarapan dan teh manis.,pekerjaan beliau yang paling mulia, menjadi ibu rumah tangga.
Aku hanya tak ingin memupuskan semua perjuangan orangtuaku yang se-detail itu bentuk kasih sayangnya.

Orangtua yang selalu meyakinkan anak-anaknya..
walau kemampuan manusia terbatas, tapi Allah tanpa batas kepada hambaNya ketika Ia berkehendak.
Segalanya mungkin..yaaa sangat mungkin..
you get more, by doing more

Walau raga kini tak saling jumpa,
selama masih di bumi Allah, dan di satu atap langitNya..
semoga doa menjadi penyampai rindu yang di ridhoi

Tetaplah disitu..tetaplah seperti itu
Adinda pergi, karna adinda mencintai..ada hal yang sedang adinda perjuangkan disini
setelah itu, adinda akan kembali.
kembali pada sandaran.
kembali dan bahagia bersama..

sungguh sudah lama aku tidak melihat wajah orangtuaku,
tidak mencium tangan dan pipinya,
tidak memeluk tubuhnya

aku paham satu hal, bahwa :
Sejauh apapun kita pergi...kita pasti akan kembali ketempat "ternyaman" kita..
sekalipun yang jauh itu lebih indah.
Karena, ditempat ternyaman itulah ada senyuman yang membasuh kegersangan..
tempat yang sederhana namun menghangatkan, dan oksigen ketika terkadang suatu hal dirasa menyesakkan..

jangan sampai kehilangan moment penting
cinta adalah pembuktian, jangan di sia-siakan....karena mencintai tidak bisa menunggu.


-with love-
salam, IntanPermata


Tuesday, August 14, 2012

BPMJ BEMJ 2008

Malam-malam menggali memori, karena kerinduan yang membuncah..
membuka folder foto di laptop, tengkurep diatas kasur..yess, I miss you guys!

Gimana kita ngendaliin ego masing-masing buat ngurus satu angkatan, ditengah-tengah tugas kuliah yang gak mau kalah eksis :'( menghadapi intrik, terpaan, tangisan, kita pikul bareng-bareng...tapi semua itu terlewati dengan indah, karena pada dasarnya niat baik, akan berakhir sangat manis, dan itu hukum alam yang tak bisa diganggu gugat.

Inget gak, waktu kita ke Anyer buat perpisahan..hahahahaa walaupun tidak dalam formasi lengkap, tapi tetep yaaa..we are rock! \m/\m/ #apeu
aku suguhkan foto persembahan buat kalian :D

ki-ka : prilda-vina-okta-fita-kartika-intan-fitriani-nurma (ketua BPMJ) -buje-dian-kania-ruby-sisil-amira-azizah-clara-yuli-rizka-devy-nanang (Ketua BEMJ)-oky
Ini tempat kita menginap ;)
itu yang baju merah, kibasan rambutnya memicu tsunami deh (-__-)" haha

NAH! no comment :D


Prepare for banana boat

Mungkin ini pelaku "mama minta pulsa" ;)
Tukar kado..
dapet sendal swallow dari okky, makasih bangeeet yaa! HAHA
Rizka's Birthday..ini ayah dan ibunya :)

 

nikmat tiada tara, makan nasi uduk pinggir pantai pagi-pagi ;)
bakar-bakaran diiringi akustikannya okky, what a beautiful moment!
ini lupa ikan apa, tapi yang pasti enak bangeeet dan ga amis :9
Pin organisasi :)

ini dikampus sebelum berangkat pada nyabu (nyarap bubur) hehee

Rizka's house di anyer

Terima kasih teman seperjuangan, buat kebersamaan kita selama 3 tahun ini.
semoga silaturahmi bisa tetap terjalin, di ranah manapun kita berada..
walau sekarang tempat kita berjuang berbeda, tapi kita akan menuju satu alasan yang sama..
berjuang untuk bahagia, bahagia sesama.